Januari 22, 2022

Pemdes Linggasari Gelar MUSRENBANGDes RKPDes Tahun 2022

Purwakarta || burufakta.com – Pemerintah Desa Linggasari Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa tahun 2022 dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (MUDRENBANG) tahun 2023 yang digelar di Balai CiptaRasa Desa Linggasari, pada Senin 10-Januari 2022.
dengan tujuan Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan di tahun yang akan datang.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Camat Darangdan yang diwakili Niken Pramasti, SH Kasi Ekbang Kecamatan Darangdan, Luki Yuliawan, SE Kasi PMD Kecamatan Darangdan, serta Dedi Rukmana stap Kasi Kesos Kecamatan Darangdan,
Kepala Desa Linggasari Budi Sahbudin bersama Komarudin Kaur Keuangan Desa Linggasari, Ketua Bamysdes Desa Linggasari Dudus Firdaus bersama anggota Ketua LPM Desa Linggasari Tantan Rustandi, Unsur Perangkat Desa, Aparat Tt Rw, juga Ketua Karang Taruna Desa Linggasari Rijki Maulana Yusup, Tokoh masyarakat dan Kader PKK dan Kader Posyandu.

Penjelasan Niken Pramasti, bahwa dengan dilaksanannya MUSRENBANGDes merunjuk pada undang-undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, peraturan Menteri Dalam Negeri No.114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, peraturan Menteri Desa Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan Pemberdayaan masyarakat desa.
Desa wajib menyusun rencana kerja pemerintahan desa pada tahun sebelumnya sebagai acuan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa pada tahun berikutnya.

Kemudian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2023 merupakan usulan-usulan kegiatan yang akan menggunakan APBD Kabupaten, usulan-usulan tersebut akan diteruskan ketingkat Kabupaten melalui Kecamatan. “Jelan Niken sesuai Juklak yang didapat”

Penjelasan Kepala Desa Linggasari Budi Sahbudin, mengatakan saat ini masih dalam suasan pandemi Covid-19 sehingga banyak pekerjaan di tahun 2021 yang tertunda, dikernakan sebagian besar anggaran harus terfokus pada penanggulangan Covid-19, hal itu yang disesuaikan dengan Peraturan Mentri Desa. “Ujar Budi Sahbudin”

Untuk itu kami Pemdes Linggasari bersama Lembaga yang ada di desa, tahun 2022-2023 sekarang ini akan berusaha untuk merealisasikan renca program kerja, demi kamajuan Desa Linggasari sesuai visi-misi kami. “Katanya”

Terakhir kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mensukseskan kegiatan MUSRENBANGDes ini, semoga apa yang sudah kita tetapkan dalam daftar usulan pembangunan ini, mendatangkan manfaat dan kesejahtaraan bagi masyarakat Desa Linggasari. “Pungkasnya”

Penulis : Bah Endang.

%d blogger menyukai ini: