Januari 22, 2022

KSM Nangerang Mencrang, Realisasikan Program DAK  Bidang Sanitasi Tahun 2021, SPALD-S

Purwakarta ||  burufakta.com – H.Asep Dudung, Ketua KSM Nangerang Mencrang, Realisasikan Program,  DAK  Bidang Sanitasi tahun 2021, SPALD-S Tematik Kematian Ibu dan Stanting. 150 rumah warga didesa nangerang sudah bisa menikmati sarana buang air limbah domestik. 2021 yang lalu seratus persen pekerjaan sudah selesai di kerjakan di 10 RT yang ada didesa Nangerang.

Desa Nangerang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta  pada tahun 2021 mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Program DAK  Bidang Sanitasi tahun 2021, SPALD-S Tematik Kematian Ibu dan Stanting sebesar 1 miliar 50 juta rupiah untuk pengerjaan 150 unit tangki individual skala pedesaan, program tersebut dikerjakan swakelola memberdayakan penduduk setempat atau yang dsingkatkan dengan istilah KSM, atas prakarsa pemerintah desa nangerang maka terbentuklah KSM Nangerang Mencrang diketua H.Asep Dudung, Sekretaris Heri Ahadiyat dan Bendahara Nendah.

Pada prinsifnya setiap KSM memilih dan menentukan pasokan bahan material yang dibutuhkan dengan menunjuk suplayer yang bisa dipercaya, selain kwalitas barang standar SNI dan ada garansi jaminan dari suplayer, bahan material juga harus tepat waktu karena ketika bahan terlambat datang maka pengerjaan akan tersendat, kata Asep Dudung saat dikonfirmasi awak media burufakta.com dikediamannya 3/1/22.

 

Masih kata Dudung,” 150 unit sudah tersambungkan terpasang dirumah warga  yang tersebar di 10 RT 2 Dusun  penerima manfaat didesa nangerang. 100 persen pekerjaan pisik sudah rampung atau selesai dikerjakan dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat desa nangerang secara bergiliran” ungkapnya.

Lanjut H. Asep Dudung ,” warga masyarakat desa nangerang sangat merasa terbantu dengan adanya program ini serta manfaatnya sangat dirasakan oleh warga itu sendiri, karena sebelum adanya pemasangan sambungan septic tank kerumah warga, sebagian warga membuang hajat serampangan, ada yang kekali, kekebun sehingga menggagngu kesehatan, dan Alhamdulillah sekarang sudah mulai tertata dengan baik, dan mudah-mudahan tahun 2022 akan ada lagi penambahan sambungan,” katanya.

“Teknis pekerjaan sesuai dengan petunjuk , dan hasilnya bisa kita lihat bersama, tak luput warga penerima manfaat menyertakan swadaya mana kala bahan material tidak cukup bahkan ada penambahan bangunan seperti halnya pemasangan dinding, karena didalam aturan memang tidak ada peruntukannya,  maka warga sukarela memberikan tambahan bahan dan bersama-sama mengerjakan secara gotong royong,” tambah Dudung.

Dengan ada program ini saya berharap semoga nilai kesehatan ibu dan anak makin terakomodir, karena salah satunya sarana kebersihan yang menjadi tolak ukur kesehatan, mewakili jajaran KSM Nangerang Mencrang dan masyarakat penerima manfaat mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu  atas terealisasinya program ini, harapan kami kedepan bisa berlanjut dan Insha Alloh desa nangerang akan mendapat tambahan 100 unit lagi di 2022, mudah-mudahan bisa terealisasi dan diberikan kelancaran serta bermanfaat. .” pungkas H. Asep Dudung (Red)

%d blogger menyukai ini: