Januari 22, 2022

KSM Berkah Desa Nagrog Wanayasa Bangun 150 Unit Tangki Individual Skala Pedesaan

Purwakarta | burufakta.com – KSM Berkah  Desa Nagrog rampungkan 100 persen Program DAK  Bidang Sanitasi tahun 2021, SPALD-S Tematik Kematian Ibu dan Stanting. 150 rumah warga didesa nagrog yang tersebar di 9 RT sudah bisa menikmati sarana buang limbah rumahan tersebut.

Tahun 2021 Desa Nagrog Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta  mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Program DAK  Bidang Sanitasi tahun 2021, SPALD-S Tematik Kematian Ibu dan Stanting berjumlah 1 miliar 50 juta rupiah untuk pengerjaan 150 unit tangki individual skala pedesaan dikerjakan KSM Berkah dan telah memasuki babak tahap akhir pekerjaan.

Sekitar 148 dari 150 unit sudah tersambungkan terpasang dirumah warga  yang tersebar di 9 RT penerima manfaat. Agus Salim , ketua KSM Berkah saat disambangi awak media mengatakan,” Pekerjaan sudah 95 persen dikerjakan hari ini Kamis 30/12/21  tersebar di 9 RT dan Insha Alloh 2  unit lagi hari ini bisa selesai semua,” ungkapnya.

Lanjut Agus,” warga disini sangat terbantu dengan adanya program dan manfaatnya sangat dirasakan oleh warga kami, karena selama ini warga masih ada yang buang hajat dikali dan selokan,,” katanya.

“Pekerjaan sesuai dengan petunjuk teknis , dan tak terlepas kami selaku eksekutor dilapangan selalu mendengarkan arahan-arahan pendamping, fasilitator dan konsultan, bahan-bahan material dari suplayer sesuai SNI dan berkualitas terjamin,  warga penerima manfaat ada sebagian yang menambahkan swadaya, ketika mereka ingin pekerjaan lebih baik, swadaya yang terdiri dari tenaga maupun bahan matreial , selanjutnya dibuatkan berita acara sehingga tidak melanggar aturan, karena tidak ada dalam perencanaan, mereka peduli akan kebutuhan sarana yang dibutuhkan, dengan adanya swadaya hasil pekerjaan menjadi lebih bagus dan kelihatan indah,” katanya.

“Pengurus KSM Berkah terdiri dari ketua Agus Salim, Bendahara Ust. Toni sekretaris Ust.Jajang, pekerjaan swakelola memperkerjakan warga desa nagrog, artinya tidak keluar samasekali perputaran ongkos kerja, warga desa yang belum medapat giliran bantuan pisik setidaknya mereka bisa ikut bekerja sehingga mendapatkan upah kerja,” sambung Agus.

Terakhir dari kami dan saya mewakili jajaran KSM Berkah dan Masyarakat Desa Nagrog mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas terealisasinya program ini, kedepan harapan kami bisa berlanjut dan ada penambahan sambungan rumah karena masih banyak warga yang membutuhkan, dan yang sudah ada sekarang semoga bermanfaat.” pungkas Agus. (Red)

%d blogger menyukai ini: