Januari 22, 2022

Tahapan Pemilihan Ketua RT & RW 2021-2026 SeDesa Simpang Wanayasa Purwakarta

Purwakarta| burufakta.com – Pemilihan Ketua Rw dan Rt didesa Simpang kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta memasuki tahapan pengambilan nomor urut setelah sebelumnya panitia memberikan selembaran pemberitahuan dan penjaringan bakal calon rt/rw, kegiatan ini dilaksanakan diaula Desa simpang 21/12/21.

Panitia pemilihan merupakan aparatur desa yang diketuai kaur pemerintahan Desa simpang Mamad Mujamil, hadir dalam acara tersebut Kepala Desa simpang, Bamusdes, dan beberapa orang tokoh masyarakat, serta dihadiri para calon ketua rt/rw yang sudah melengkapi persyaratan bakal calon.

Kepala Desa Simpang Asikin memberikan keterangan tentang Desa simpang yang mempunyai luas wilayah 181 HM2, 3 wilayah kedusunan yang terdiri dari 5 rukun warga dan terbagi 11 rukun tetangga dari jumlah Kepala Keluarga 622, 2026 jiwa usik pertanggal 21/12/21, Imbuhnya.

Berpijak dari regulasi yang ada pemdes simpang menjalankan aturan dan peraturan dalam pelaksanaan dan pembenahan aparatur desanya diselaraskan dengan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan, Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta Nomor 12 Tahun 2008 tentang Organisasi Kecamatan dan Kelurahan di Lingkungan   Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 27 Tahun 2010 tentang Pedoman Penataan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) pada Kelurahan dan Desa di Kabupaten Purwakarta.

Masa jabatan selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan dan dapat menjabat  paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasayarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa dan Peraturan Bupati Purwakarta Nomor 206 Tahun 2021 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan di Kabupaten Purwakarta: masa jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan dan dapat menjabat  paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Pelaksanaan pungutan suara pemilihan ketua rt/rw akan dilaksanakan serentak dimasing-wilayah rt dan rw yang ikut serta menjadi kandidat pada hari Rabu 22 Desember 2021,Pungkas Mamad. (Red)

 

 

%d blogger menyukai ini: